Jelang Idul Adha, Stok Ternak Sapi di Bantul Dipastikan Mencukupi

Jelang Idul Adha, Stok Ternak Sapi di Bantul Dipastikan Mencukupi

Bantul, suarapasar.com : Jelang Hari Raya Iduladha 2024, stok hewan ternak sapi di Kabupaten Bantul dipastikan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan kurban.

“Di Bantul kami memantau dua tempat, di tempatnya Pak Widarto dan di tempatnya Pak Ngatijo. Alhamdulillah sapi yang ada di dua peternak ini semua dalam keadaan sehat. Stoknya untuk kebutuhan Iduladha ini alhamdulillah juga sudah terpenuhi,” ujar Yuna Pancawati, Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam (APSDA) Setda DIY, usai melakukan pemantauan langsung ke dua peternak sapi perseorangan milik Widarto dan Ngatijo di daerah Pundong, Bantul, Selasa, (28/05/2024).

Yuna menyebutkan, ternak sapi milik Widarto tersedia sebanyak 30-40 ekor, sementara ternak sapi milik Ngatijo tersedia sejumlah 25 ekor.

“Tentunya menjelang hari Iduladha nanti masih ada beberapa konsumen yang ingin membeli. Di Pak Ngatijo dan Pak Widarto ini sudah ada stok-stoknya sehingga siapapun konsumen yang ingin membeli untuk kebutuhan Iduladha dapat menghubungi Pak Ngatijo dan juga Pak Widarto. Masih ada beberapa yang belum laku,” terang Yuna.

Terkait harga menurut Yuna relatif stabil terkendali. Harga ternak sapi dari dua peternak tersebut dibandrol dengan harga antara 23-25 juta rupiah.

“Harga-harga itu sampai dengan hari Iduladhanya. Sampai dikirim ke tempat masing-masing konsumen, sehingga insya Allah tidak ada kenaikan harga,” ungkapnya.

Yuna menjelaskan, pembeli yang memesan ternak sapi kepada Widarto dan Ngatijo, tidak hanya berasal dari lokal Bantul. Melainkan, ada pula yang berasal dari Kota Yogyakarta bahkan dari luar DIY yakni Kota Bekasi.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Bantul Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Yus Warseno menuturkan, setiap harinya, stok hewan ternak kambing di Bantul belum dapat memenuhi permintaan yang rata-rata mencapai hingga 700 ekor kambing per hari, mengingat Bantul menjadi salah satu sentra sate kambing. Untuk itu, Bantul tetap harus memasok hewan ternak kambing dari luar, termasuk dalam memenuhi kebutuhan kurban masyarakat saat Iduladha ini.

“Bantul juga mengembangbiakkan ternak kambing, namun tidak cukup. Peternaknya terbatas, tidak terpenuhi kalau setiap hari permintaannya 700 ekor. Rata-rata segitu per hari. Untuk memenuhi permintaan stok kambing, maka kami mengizinkan ternak kambing dari luar untuk masuk. Dengan tetap memantau kesehatan hewan ternaknya,” jelasnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *