Komitmen Layani Kelompok Rentan, Kankemenag Jalin Kerjasama dengan SLBN 1 Kulon Progo

Komitmen Layani Kelompok Rentan, Kankemenag Jalin Kerjasama dengan SLBN 1 Kulon Progo

Kulon Progo , suarapasar.com – Kantor Kementrian Agama Kulon Progo menjalin kerjasama dengan SLB N 1 Kulon Progo.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kulon Progo, Wahin Jamil menjelaskan kerjasama ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi petugas layanan Kankemenag Kulon Progo, KUA, dan Madrasah.

Adapun lingkup Perjanjian Kerjasama tersebut meliputi Pelatihan Bahasa Isyarat bagi Petugas Layanan, Pendampingan Pelaksanaan Pernikahan bagi Kelompok Disabilitas, dan layanan keagamaan lainnya.

“Kami terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Pelayanan yang diberikan kepada semua pihak tanpa diskriminasi. Termasuk kepada masyarakat yang masuk kategori kelompok rentan dan disabilitas. Oleh karena itu kami Kankemenag Kulon Progo menjalin sinergi kolaborasi dengan SLBN 1 setempat. Kerjasama dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi petugas layanan Kankemenag Kulon Progo, KUA, dan Madrasah,” terang Wahib Jamil, Kepala Kankemenag Kulon Progo, di sela-sela Penandatanganan Perjanjian Kerjasama, di SLBN 1 Kulon Progo, Kamis (8/8/2024).

Kantor Kemenag Kulon Progo sudah sejak lama konsen pada kelompok rentan, lansia, ibu hamil dan menyusui, serta penyandang disabilitas.

“Konsen kami terhadap kelompok rentan ini kami kuatkan dengan kerjasama dengan SLBN 1 Kulon Progo. Pelayanan kepada kelompok rentan akan selalu kami evaluasi. Sehingga sangat membutuhkan batuan dari yang ahli di bidangnya, yaitu SLBN 1 Kulon Progo,” imbuh Kakan.

Perjanjian kerjasama ini juga dalam rangka mendukung ditunjuknya Kankemenag Kulon Progo sebagai lokus penilaian kelompok rentan.

“Maka kami terus berupaya memenuhi beberapa aspek yang diperlukan untuk menunjang lancarnya pelayanan terhadap kelompok rentan. Salah satunya adalah teman-teman penyandang disabilitas. Sebagai wujud komitmen ini kami mempunya program dengan pelayanan Lenteraku (Layanan Efektif untuk Kelompok Rentan Kankemenag Kulon Progo). Kami juga masih membutuhkan bimbingan dari segi teknis atau pemahaman terkait pelaksanaan pelayanan pada penyandang disabilitas,” pungkas Jamil.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *