Meriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Teras Malioboro 1 Gelar Teras Pitulasan 

Meriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Teras Malioboro 1 Gelar Teras Pitulasan 

Yogyakarta, suarapasar.com : Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, UPT Balai Layanan Usaha Terpadu KUMKM Teras Malioboro 1 menyelenggarakan berbagai kegiatan meriah dengan tema “Nusantara Baru Indonesia Maju.”

PLH Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY,  Wisnu Hermawan mengatakan kegiatan-kegiatan ini dirancang untuk menyatukan masyarakat dan merayakan semangat kemerdekaan dengan penuh kegembiraan dan kebersamaan.

 

Perayaan HUT RI tahun ini, bertajuk “Teras Pitulasan,” akan berlangsung secara meriah dengan serangkaian acara yang melibatkan seluruh tenant, baik Teras Malioboro 1 hingga Teras Malioboro 2 serta pengunjung.

 

“Kami sangat mendukung dan mensupport seluruh kegiatan Teras Pitulasan untuk menyemarakkan HUT RI ke-79 dengan berbagai lomba-lomba dan kegiatan. Semoga dengan adanya acara Teras Pitulasan ini, Tenant Teras Malioboro dapat semakin guyub dan rukun,” katanya Jumat, (9/8/2024).

 

Selama dua minggu, mulai dari 5 Agustus 2024 hingga 19 Agustus 2024, Teras Malioboro 1 akan mengadakan berbagai rangkaian lomba di halaman depan Gedung Utama. Lomba-lomba tradisional seperti lomba pukul air, lomba makan kerupuk, lomba pindah belut, lomba memasukkan pensil dalam botol, lomba bola bambu estafet, lomba lari kelereng, hingga lomba modern modifikasi seperti lomba catur, lomba sepakbola berdaster, lomba karaoke.

 

“Semua lomba ini akan melibatkan peserta dari anak-anak hingga dewasa, tenant, serta pengunjung Teras Malioboro 1,”jelasnya.

 

Tak hanya lomba-lomba mainstream tetapi juga ada “Lomba Lorong Teristimewa”, lomba yang dibangun untuk tenant menjaga dan meningkatkan kualitas Teras Malioboro 1 sebagai destinasi perbelanjaan yang bersih, nyaman dan menyenangkan.

 

“Lomba ini bertujuan untuk mendorong tenant dalam menjaga standar tinggi kebersihan dan kerapihan lapak tempat berjualan, serta meningkatkan keaktifan tenant dalam memberikan layanan terbaik kepada pengunjung,” tuturnya lagi.

 

Rangkaian kegiatan “Teras Pitulasan” juga mencakup Senam Merah Putih pada 9 Agustus 2024 yang melibatkan tenant dan masyarakat umum serta pengunjung Teras Malioobro 1 . Selain itu ada juga aksi sosial yang rutin dilaksanakan setiap Jumat di Teras Malioboro yaitu Jumangkah (Jumat Ngalap Berkah) atau lebih familiar dengan Jumat Berkah. Ribuan nasi bungkus akan dibagikan kepada seluruh lapisan masyarakat yang hadir secara cuma-cuma pada 16 Agustus 2024

 

“Acara puncak perayaan sakral dalam memperingati ulang tahun ke-79 Kemerdekaan RI yakni Upacara Bendera yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2024 di Halaman Teras Malioboro 1 dengan peserta seluruh Tenant TM 1, Tenant TM 2 maupun pengelola,” tandasnya.

 

Penutupan acara “Teras Pitulasan” akan bertepatan dengan Selasa Wage, dengan acara “GUMREGAH “MERTI UWUH” – Gerakan Bersih Sampah Malioboro. Acara ini mencakup aksi bersih-bersih sampah di sepanjang Jalan Malioboro, periksa kesehatan gratis dan donor darah di Gedung Cendrawasih, pembagian hadiah Teras Pitulasan, Doorprize menarik, serta tantangan “Sampah Terberat” di mana peserta akan berlomba mengumpulkan sampah terberat dengan hadiah uang tunai untuk pemenang. Para peserta juga akan dihibur dengan live musik dari Hasoe Angle ft Mieke Yolanda.

 

Kepala UPT BLUT KUMKM Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta, Hellen Phornica menyatakan rangkaian acara “Teras Pitulasan” semakin mempererat hubungan antar tenant.

 

“Melalui berbagai kegiatan kolaboratif dan interaktif dan juga bermakna. Para tenant dapat saling berinteraksi, bekerja sama, dan berbagi kebahagiaan dalam semangat kemerdekaan. Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas di antara Tenant Teras Malioboro,” kata Hellen.

 

Program Teras Pitulasan tahun 2024 ini diselenggarakan berkat dukungan Dana Keistimewaan.

 

“Komitmen Pemda DIY dalam memfasilitasi pelaku usaha di Teras Malioboro dan selalu dibuktikan melalui kegiatan-kegiatan yang berdampak langsung tehadap para tenant di Teras Malioboro,” pungkas Hellen. (wds/drw)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *