Jadi Anggota DPRD Kulon Progo, Rizal Aldyatma, Putra Hasto Wardoyo : Cita-cita Saya Wartawan

Jadi Anggota DPRD Kulon Progo, Rizal Aldyatma, Putra Hasto Wardoyo : Cita-cita Saya Wartawan

Kulon Progo, suarapasar.com : 40 anggota DPRD Kulon Progo 2024-2029 telah mengucapkan sumpah janji dipandu Ketua Pengadilan Negeri Wates, pada Rapat paripurna DPRD Kulon Progo Senin, (12/8/2024).

Rizal Aldyatma (24), putra mantan Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo menjadi anggota DPRD Kulon Progo 2024-2029 termuda.

Usai pengucapan sumpah janji, Rizal yang merupakan anak ke tiga Hasto Wardoyo mengaku terjun ke politik mengikuti jejak sang ayah. Karena dari kedua kakaknya tidak ada yang terjun ke politik.

Rizal Aldyatma Anggota DPRD Kulon Progo dari PDI Perjuangan berjanji memperjuangkan aspirasi warga dari dapil yang ia wakili, dapil 2 Kokap, Pengasih yang juga merupakan tanah kelahiran Pak Hasto.

“Kokap kan memang tabonnya Bapak, tanah kelahiran Bapak, ya selain untuk terus menjalin silaturahmi sekaligus melanjutkan langkah Bapak memperjuangkan masyarakat di sana,” kata Rizal yang baru saja lulus kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi, UPN Veteran Yogyakarta pada 2023 lalu.

Rizal yang berusia 24 tahun ini mengaku terpanggil menjadi wakil rakyat karena prihatin melihat masih banyaknya persoalan di dapil Kokap, Pengasih, terutama terkait kemiskinan dan angka pengangguran.

“PR besar ya pengangguran masih tinggi, begitu juga angka kemiskinan. Selain karena lapangan kerja yang sempit, juga karena pendidikan formalnya belum optimal, sulit untuk sekolah tinggi. Nah itu yang ingin saya perjuangkan untuk bisa diselesaikan bagaimana akses pendidikan mereka bisa lebih baik, memastikan setiap orang memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan formal dan juga tersedianya lapangan kerja menciptakan lapangan kerja baru di wilayahnya sendiri, tanpa harus merantau jauh meninggalkan kampung halamannya,” ujar Rizal yang mengaku sebenarnya bercita-cita sebagai wartawan ini.

“Cita-cita saya jadi wartawan seperti mas dan mbak sebenarnya. Bahkan saya sudah diterima sebagai pewarta foto, Antara tapi karena masih banyak yang perlu diperjuangkan, yang lain mengikuti jejak Bapak jadi dokter, saya kompromi diamanahi seperti ini, ya bertepatan tahun politik menyempurnakan ikhtiar di situ. Dan Pak Hasto itu tidak hanya bapak, tapi mentor buat saya,” urainya lagi.

Rizal juga mengakui perolehan 4553 suara dalam pileg juga berkat pengaruh nama sang ayah, Hasto Wardoyo.

“Ya memang di saat kampanye saya juga mencantumkan nama Bapak. Dan Kokap itu memang tabon, tempat lahir Bapak, dan saya juga memang melanjutkan perjuangan Bapak. Untuk perolehan suara itu, kalau dihitung-hitung 20 persen diantaranya karena pengaruh nama Pak Hasto, lainnya ya karena saya juga berusaha turun langsung ketemu masyarakat, visi misi saya, komitmen saya ke generasi muda juga,” ungkapnya.

Adapun 40 anggota DPRD Kulon Progo masa jabatan 2024-2029 yaitu :

PDIP sebanyak 13 kursi

  1. Canggih Pulung Prabandaru
  2. ARIS SYARIFUDDIN
  3. EDI PRIYONO
  4. PUSPITASARI APRIANI
  5. IDA RISTANTI
  6. PANCAR TOPODRIYO
  7. RIZAL ALDYATMA
  8. DEWI NUGRAHENI
  9. KEKSI WURYANINGSIH
  10. YULI YANTORO
  11. B. Dwi Nugraha Santosa
  12. TUKIJAN
  13. MUJIHARSA

 

Gerindra 6 kursi

  1. ADY SUTRISNO
  2. Sendy Yulistya Prihandiny
  3. TITO KURNIAWAN
  4. RIAN NUR FAJAR
  5. LAJIYO YOK MULYONO
  6. RADEN SUNARWAN

 

PKB 5 kursi

  1. TITIK WIJAYANTI
  2. SUTRISNO
  3. SUHARTO
  4. KARTONO
  5. QOIS REIZA FAHMI

 

Golkar 5 kursi

  1. Raden Bernadus Sri Sarendra P
  2. WIDIYANTO
  3. WISNU PRASTYA
  4. SASMITA HADI
  5. AGUS SUPRIYANTA

 

PKS 5 kursi

  1. Hj.Aoka Rahmawati Darojah
  2. JENI WIDIYATMOKO
  3. H. M. MARYONO
  4. AGUNG RAHARJO
  5. SURYANTO

 

PAN 3 kursi

  1. H. SURADI
  2. BUDI HUTOMO PUTRO
  3. UPIYA AL HASAN

 

PPP 2 kursi

  1. ANGGA PRATAMA
  2. HUSEIN PAMBUDI

 

NASDEM 1 kursi

  1. NASIB WARDOYO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *