119 Sekolah SMP/ SMA Sederajat di Kulon Progo Gelar Pemilos

119 Sekolah SMP/ SMA Sederajat di Kulon Progo Gelar Pemilos

Kulon Progo, suarapasar.com : Sebanyak 57 sekolah tingkat SMP sederajat dan 62 sekolah tingkat SMA sederajat dari seluruh Kabupaten Kulon Progo turut berpartisipasi dalam Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Pemilos) tahun ini.

Budi Hartono, Kepala Badan Kesbangpol Kulon Progo menjelaskan tahun ini merupakan kali keempat penyelenggaraan Pemilos serentak yang melibatkan pelajar SMP dan SMA sederajat di seluruh Kabupaten Kulon Progo.

Pemilos tahun ini juga mirip pelaksanaan pilpres maupun pilkada yakni memilih pasangan Ketua dan Wakil Ketua OSIS.

Pemilos ini dirancang sebagai sarana edukasi dan pembelajaran praktis mengenai proses demokrasi bagi siswa-siswi sekolah.

“Dengan adanya Pemilos serentak, para siswa diharapkan dapat memahami pentingnya partisipasi dalam sistem demokrasi dan membangun kepemimpinan sejak usia muda,” kata Budi Hartono, Kepala Badan Kesbangpol Kulon Progo saat pembukaan Pemilos di MTs N 1 Kulon Progp, Senin, (14/10/2024).

Asisten Sekda Kulon Progo Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Jazil Ambar Was’an menyatakan kegiatan pemilos ini diselenggarakan di waktu yang sangat tepat. Saat ini, di tingkat nasional sedang berlangsung persiapan pemilihan kepala daerah yang akan mencapai puncaknya pemungutan suara pada 27 November mendatang. Pemilos ini menjadi media pembelajaran demokrasi yang sangat berharga bagi generasi muda.

Pemilos ini diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa mengenai pemilihan umum, mulai dari kampanye, pemungutan suara, hingga proses penghitungan suara.

“Pemilos adalah sebuah wahana bagi kalian, generasi muda, untuk belajar tentang demokrasi, kepemimpinan, dan tanggung jawab. Kegiatan ini bukan sekadar pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS, tetapi juga merupakan simulasi pemilu yang akan membekali kalian dengan pengalaman berharga saat nantinya menjadi pemilih pemula,” urainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *