Tak Ingin APBD 2025 Asal Ditetapkan, DPRD DIY Percepat Penetapan Alkap

Tak Ingin APBD 2025 Asal Ditetapkan, DPRD DIY Percepat Penetapan Alkap

Yogyakarta, suarapasar.com : Pimpinan definitif DPRD DIY telah resmi mengucapkan sumpah janji di Gedung DPRD DIY, Rabu, (23/10/2024).

Ketua DPRD DIY, Nuryadi dari Fraksi PDI Perjuangan menegaskan pimpinan DPRD definitif bersama seluruh anggota DPRD DIY siap menyamakan gerak dan langkah untuk menjalankan fungsi DPRD DIY secara optimal.

 

Perbedaan partai tidak menjadi penghalang untuk menjalankan amanah rakyat, membawa kemajuan bagi DIY serta mewujudkan kesejahteraan rakyat.

 

“Walaupun kita beda-beda partai politik, tapi kan intinya bagaimana wilayah ini menjadi maju dengan adanya wakil rakyat ini. Nah, tugas kita untuk menciptakan itu,” tandas Nuryadi usai pengucapan sumpah janji pimpinan definitif DPRD DIY, di Ruang Rapat Paripurna DPRD DIY, Rabu, (23/10/2024).

 

Nuryadi menyebut jika nantinya ada perbedaan pendapat dalam membahas suatu masalah, merupakan hal yang wajar. Namun yang terpenting adalah output hasil akhir keputusan yang terbaik untuk masyarakat DIY.

 

“Wajar kalau ada perbedaan, tapi keputusan terakhir adalah apapun untuk kepentingan masyarakat DIY,” lanjutnya.

 

Nuryadi menambahkan pasca adanya pimpinan definitif, akan dilanjutkan pembentukan alat kelengkapan DPRD.

 

“Setelah ini kita akan rapat bersama pimpinan Fraksi dan kita undang juga pimpinan pansus perda tata tertib untuk membuat rencana berikutnya, karena kita belum ada alat kelengkapan dewan. Sementara Perda tatib kita meski sudah diselesaikan tapi masih ada evaluasi di Kementrian,” terang Nuryadi.

 

“Jadi gini, alkab itu kan ada dua pendapat yakni menggunakan tatib lama atau tatib baru. Keputusan akhirnya seperti apa. Materi atau pasal yang berbicara soal alkab itu sama, yang lama dengan yang baru itu sama, yang membedakan kan ini kemitraannya dengan eksekutif tambahan kemitraan. Ini nanti yang akan kita bicarakan. Tapi aturan main tentang alkab masih sama,” imbuhnya.

 

Nuryadi berharap alat kelengkapan dewan dapat segera terbentuk, karena masih ada beban pekerjaan rumah pembahasan dan penetapan APBD 2025 sebelum batas akhir 30 November 2024.

Ketua DPRD DIY Nuryadi didampingi ketiga wakil ketua DPRD DIY Budi Waljiman, Imam Taufik dan Umaruddin Masdar usai pengucapan sumpah janji di DPRD DIY, Rabu, (23/10/2024)

“Target waktu secepatnya. Nanti kami minta pendapat politik dari pimpinan fraksi mau kapan. Kalau ini terlalu tertunda lama, saya khawatir APBD 2025 juga terlambat, kalau gak terlambat ya kita jadi terburu-buru garapnya , mohon maaf jadi tidak bisa maksimal,” terangnya.

 

Nuryadi menjelaskan jika alkap tak kunjung terbentuk, batas waktu pembahasan APBD 2025 semakin terbatas, dikhawatirkan pencermatan RAPBD tidak maksimal, sehingga aspirasi rakyat tidak terakomodir.

 

“Proses APBD ini kan lewat alkab ya, komisi, banggar kalau ini (alkab) tidak segera terbentuk, kami khawatirnya tidak maksimal proses pencermatannya. Artinya kita bahas APBD itu tidak dalam konteks asal memotong anggaran, aspirasi kan ada, dimana apsirasi, gagalnya dimana, bisa mengukur gitu,” tandas Nuryadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *